CARI KERJA #2

Terlalu hectic. Tapi kurang diniatin. Alhasil zonk 90%


Tes rekrutmen pertama di daerah Cikupa, Tangerang, tepatnya di salah satu perusahaan makanan dan minuman  atau industri FMCG terbesar di Indonesia. Nekat sih, aku sama temen kuliah berangkat naik bis berdua dari Bogor. Padahal waktu itu belum lulus, belum sidang dan persiapan seadanya. Tapi mumpung ada kesempatan pikirku. Tiba di Tangerang kami istirahat sebentar di rumah temen kuliah yang lain dan menginap semalam. Esok harinya kami berangkat diantar sama saudaranya temen. Sampai di perusahaan, aku disindir sama satpam disana "Cari kerja apa ke pantai" Waktu itu ga dikasih notice suruh pakai hitam putih sih tapi mungkin karena aku pakai atasan polos dan rok batik jadi terkesan kurang formal. Jadi pengalaman banget mau bagaimanapun, selama ikut proses seleksi dimanapun wajib banget pakai hitam putih atau bawahan hitam atas polosan kecuali kalau memang diberi syarat dilarang pakai hitam putih (karena memang ada perusahaan yang seragamnya hitam putih). 
Pertama perkenalan tentang perusahaan, terus dilanjut tes psikotes. Tes psikotes nya persis seperti di youtube dan website gitu. Saranku sih, belajar dari situ. Mulai yang gambar 3D, gambar pohon, gambar orang, tes warteg dll. Aku gagal guys waktu itu. karena salah gambar pohon sepertinya. Jadi pohon yang digambar harus yang berkambium gitu. Ya pokoknya kayak di youtube aja, persis. Akhirnya langsung pulang deh. Temenku lolos waktu itu, tapi ga tega ngebiarin aku pulang sendiri akhirnya dia juga ikut balik ke Bogor. Mayoritas sih serangkaian tes nya psikotes, interview HRD, interview user, tes kesehatan, interview akhir, dan training. Umumnya itu. Tapi ada beberapa perusahaan yang di tahapan seleksinya pakai tes tulis  sesuai bidang, Forum Group DIscussion (FGD), dll. 
Jadi harus dipersiapkan dengan baik. Daftar aja terminalHRD atau latihan seleksi kerja di youtube atau google, udah banyaaak banget yang bikin cara atau tips mengerjakan soal soal. Intinya harus diniatin. Biar ga zonk. Semangat!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PANCANITI SELALU MENARIK HATI

JURNALIS TERBAIK BULAN SEPTEMBER